Saturday 14 November 2015

Pembahasan dan Contoh Penggunaan Perulangan Bersarang pada C++

Seperti halnya percabangan, perulangan bisa menerapkan perulangan bersarang atau nested looping. Konsep perulangan bersarang adalah pada setiap perulangan pertama program akan menyelesaikan perulangan yang kedua. Kemudian pada setiap perulangan kedua, program akan menyelesaikan perulangan ketiga, begitu seterusnya. Kemudian perulangan yang lebih luar akan bertambah, mengerjakan perulangan yang lebih dalam lagi mulai dari nilai awalnya dan seterusnya.

Nested for
 
Bentuk umumnya:








Contoh programnya:





















Keterangan:

Syarat pada fungsi for tunggal adalah menampilkan baris yaitu bilangan 1, dan batas pada output ini menampilkan 3x perulangan (3 baris). Tapi kenapa yang tampil tetap angka 1, dan penambahan nilai setiap kolom yang mengalami perulangan?

Dari source program diatas bisa kita pahami dengan mudah. Lihat fungsi cetak cout bahwa nilai variable “y” yang akan dicetak setelah melalui fungsi perulangan, yang berarti maksud dari program ini nilai looping x dari angka 1 sampai 3, dan untuk setiap baris yang ditampilkan mengandung perulangan dengan batasan sampai fungsi perulangan bersarang for batasan y=4. Sehingga nilai perulangan dalam setiap baris menampilkan nilai perulangan dengan batasan y.

Contoh yang lain













Nested while
 
While merupakan perulangan yang melakukan pengecekan kondisi di awal blok struktur. Jika kondisi yang didefinisikan tidak terpenuhi (bernilai salah) maka statemen tidak akan di eksekusi program.

Bentuk umum perulangan while bersarang









Berikut contoh progamnya.















Nested do-while
 
Dalam menggunakan perulangan do-while kita harus berhati-hati dalam mendefinisikan kondisi yang terdapat di dalamnya.

Bentuk umum perulangan do-while bersarang












Contoh programmnya :






















outputnya sama:














Pada intinya semua perulangan sama, bisa digunakan untuk membuat program yang sama asalkan kita bisa mendefinisikan kondisinya dengan benar. Ok, Selamat mencoba dan jangan pernah menyerah untuk belajar.

7 comments:

  1. makasih infonya ...
    kunjung balik bangmamin.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Bisa bantu om
    https://www.dropbox.com/s/d3jhyg584wtfcjl/IMG_20170517_135616_1264.jpg?dl=0

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf maksudnya membuat program untuk menampilkan seperti di gmabar atau seperti apa ya?

      Delete
  3. Terimakasih Infonya mbak Sangat Membantu

    ReplyDelete