Saturday 14 November 2015

7 Tips Agar Cepat Menguasai Pemrograman C++

Ok, kali ini saya tidak akan posting materi tapi saya akan menuliskan tentang tips-tips agar cepat menguasai bahasa pemrograman C++. Penasaran apa saja tips nya? Ok, langsung saja.


  1. Untuk yang pertama ini sangat penting, Kuasai materi logika algoritma. Kenapa? Karena dalam setiap membuat program kita membutuhkan logika dan algoritma. Itu adalah dasar untuk belajar pemrograman, tidak hanya C++, tapi juga bahasa pemrograman yang lain.
  2. Belajar sedikit demi sedikit, tidak terburu-buru. Pelajari satu materi sampai benar-benar mengerti baru beralih ke materi yang lain. Jangan belajar secara borongan karena hasilnya tidak akan maksimal.
  3. Sering-sering mengetik program, dengan mengetik sendiri kita akan lebih bisa mengingat dan mengerti setiap materi yang kita pelajari, kegunaan dari tiap-tiap script-nya dibandingkan hanya mengandalkan copy-paste. Dengan copy-paste kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Maka dari itu kebanyakan postingan di blog ini saya printscreen supaya pembaca bisa mengetik sendiri program tersebut. 
  4. Selalu ingin tahu dan mengotak-atik script yang sudah ada. Misalnya saja kita mengganti nilai atau variabel atau fungsi dari suatu program untuk mengetahui apa yang terjadi jika hal tersebut diganti. Apakah muncul error atau menampilkan hasil yang berbeda. Kalau error coba temukan kesalahannya dimana, jika memberikan hasil berbeda pelajari lagi kenapa hasilnya bisa berbeda. Dengan begitu kita bisa belajar banyak hal hanya dari satu program saja.
  5. Membaca buku atau web referensi yang berkaitan dengan pemrograman c++, ini sudah pasti dong supaya wawasan kita bertambah.
  6. Belajar pemrograman itu harus sabar, apalgi ketika diuji dengan banyak error saat run program. Jangan marah atau lemas jika melihat banyak error, jadikan error tersebut sebagai pemicu untuk belajar lebih giat dan berusaha memperbaiki error tersebut bagaimanapun caranya.
  7. Mempunyai niat dan motivasi yang besar kenapa harus menguasai bahasa pemrograman C++, apakah karena pekerjaan, tugas, atau ingin terlihat keren di depan orang yang disayang. Apapun motivasinya itu penting karena belajar tanpa motivasi seperti berjalan tanpa arah. Hehe.
Ok, itu tadi adalah tips untuk cepat menguasai bahasa pemrograman C++, tips tadi akan bergantung pada kemauan dan kerja keras dari diri kita sendiri. Jika ingin lebih mahir kita bisa saja menyewa mentor untuk mengajari langsung. Tapi tetap saja semua akan kembali kepada diri kita sendiri. Meskipun sudah membeli banyak buku referensi, menyewa mentor, tapi tidak diiringi usaha dari diri sendiri itu semua tidak akan berarti. Ok itu saja yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat.

8 comments:

  1. boleh copas gak nih tipsnya keren banget mau saya pelajari

    ReplyDelete
  2. mksi banyak..sangat termotivasi banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali . . .. Alhamdulillah kalau jadi termotivasi

      Delete
  3. Saya sangat suka dengan point ke 2, terimakasih atas motivasi,

    ReplyDelete
  4. Gan sy mau bertanya apakah tips agar Kita tidak mudah putus asa degand materi pemprogaman yg lebih sulit..
    Mohon bantu...

    ReplyDelete
  5. artikel ini bisa menjadi panduan saya untuk cepat menguasai bahasa pemrograman C++, thnks kak sangat bermanfaat

    Kunjungi Blog saya
    http://aurelliafemilya.blogspot.com

    Dan Kunjungi juga
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete