Sunday 15 November 2015

Contoh dan Pembahasan Program C++ Sederhana Menggunakan Perulangan dan Percabangan / Program Penjumlahan

Ok, hari ini saya ingin berbagi program sederhana tentang program penjumlahan yang menggunakan perulangan dan percabangan. Bagaimana programmnya? Let’s see.










Ok, jika dilihat dari outputnya kira-kira bagaimana scriptnya? apa saja yang dibutuhkan untuk membuat program seperti diatas?  
Perulangan dan percabangan sudah pasti. Disini kita harus menggunakan logika kita, berapa perulangan yang kita butuhkan? untuk apa saja? dan berapa percabangan yang dibutuhkan? untuk yang mana saja?
ok, dilihat dari outputnya, disitu ada 4 hal yang menjadi perhatian yang harus diulang atau menggunakan perulangan. apa saja? Nilai/angka, tanda "+", tanda "=", dan hasil dari penjumlahannya. Kemudian untuk percabangannya. apa saja yang membutuhkan percabangan? sudah pasti sama dengan perulangan, yang membedakan adalah kondisinya. Ok, kita cek scriptnya.




























Keterangan:
- i digunakan untuk variabel perulangan
- n adalah variabel untuk menyimpan banyak nilai yang ingin dijumlahkan.
- jml adalah variabel yang digunakan untuk menampung hasil dari penjumlahan, maka dari itu kita harus memberikan nilai awalnya 0.

Bagaimana? pusing? kenapa membutuhkan begitu banyak perulangan dan percabangan? Ok, disini kita bermain logika karena dalam setiap pemrograman faktor yang paling penting adalah logika. Dari script di atas jelas terlihat bahwa jenis perulangannya hanya satu tapi membutuhkan tiga kali perulangan dan 4 untuk selection/percabangan yang berbeda. Ok kita bahas saja jika masih ada yang bingung.
- perulangan pertama digunakan untuk menampilkan nilai/angka dan tanda "+", namun lihat kondisinya disitu ada yang berbeda, nilai atau angka ditampilkan ketika i<=n sedangkan tanda "+" hanya sampai i
- perulangan kedua untuk menampilkan "=", tanda "=" hanya ditampilkan 1 kali, kapan? yaitu ketika kondisi i==n
- perulangan ketiga digunakan untuk menjumlahkan nilai dan kemudian menampilkan, kapan ditampilkan? yaitu ketika i==n.

Ok, itu saja yang bisa saya jelaskan. Jika masih ada pertanyaan bisa hubungi di contact us atau silakan comment di bawah post ini. Untuk script silakan dicoba di otak-atik, seperti yang pernah saya terangkan pada post 7 Tips Agar Cepat Menguasai Pemrograman C++
belajarlah dengan mengotak atik program yang sudah ada, coba ganti beberapa elemen dan lihat bagaimana hasilnya dan temukan alasan kenapa hasilnya seperti itu. Hal ini akan membuat kita lebih cepat menguasai bahasa pemrograman. Ok, good luck dan sampai bertemu di postingan selanjutnya. 
Oh iya hampir lupa, jika ingin source code nya, bisa di download disini atau dari menu download.

0 comments:

Post a Comment