Wednesday 18 November 2015

Pembahasan dan Penggunaan Struct atau Structure pada Pemrograman C++

Postingan kali ini akan membahas tentang struct atau structure. Apa itu struct? Struct adalah kumpulan dari variabel yang dinyatakan dengan sebuah nama, dengan sifat setiap variabel dapat memiliki tipe data yang berbeda. Variabel dalam structure sering disebut dengan nama komponen/field/elemen atau members.

Dalam pemrograman C++, untuk membuat program yang sederhana struct belum terlalu dibutuhkan karena variabel yang digunakan masih sedikit. Namun akan berbeda cerita jika kita membuat suatu program kompleks yang memerlukan banyak variabel dan berbagai tipe data. Kita akan membutuhkan struct untuk mempermudah kita dalam membedakan satu variabel dengan variabel yang lain karena kita bisa mengelompokkan nama dan tipe data variabel.

Sebagai contoh umum, ada terdapat berbagai nama variable : nama, nim, alamat, dll. Variabel–variabel tersebut dapat kita kelompokkan menjadi satu dengan nama data_mahasiswa. Kemudian jika terdapat variabel mata_kuliah, nilai, sks, kelas, dll dapat kita kelompokkan menjadi satu dengan nama krs. Pendeklarasian struct ada dua cara, secara langsung dideklarasikan atau menggunakan kata kunci typedef.

Berikut bentuk umum pendeklarasian struct secara langsung

struct {
;
;
……………….
;
} ;

Contoh pendeklarasian struct

struct Mahasiswa{
char nama[20];
int nim;
char alamat;
}mhs;

Atau

struct Mahasiswa{
char nama[20];
int nim;
char alamat;
};
Struct Mahasiswa mhs;

Pendeklarasian struct menggunakan kata kunci typedef

typedef struct {
  tipe_data_1 elemen_nama_1;
.
.
  tipe_data_n elemen_ nama_n;
} nama_struct;

nama_struct struct_variable;

Lalu bagaimana cara kita mengakses elemen struct? Berikut caranya :

.

Contoh memberikan nilai statis:

    mhs.nama = “Yuni”;
    mhs.nim = 12345;


Contoh membaca data dari keyboard

    cin>>mhs.nama;
    cin>>mhs.nim;

 
Berikut contoh penggunaan struct, bisa dilihat scriptnya di bawah ini :























 Atau jika ingin menggunakan typedef bisa dilihat seperti di bawah ini :

























Dan berikut outputnya :












Bagaimana mudah bukan? Yang jelas intinya jika kita ingin mengakses elemen di dalam struct kita harus menyertakan terlebih dahulu nama struct-nya. Ibarat kita mau mengajak nikah seseorang pasti minta ijin orang tuanya dulu kan? Nah dalam hal contoh program struct di atas, anaknya itu nama, orang tuanya itu mhs. Jadi jika kita ingin mengajak nama maka kita harus ijin mhs selaku orang tuanya. Mudah kan? Selamat belajar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

2 comments:

  1. Halo,

    Jika saya perhatikan fungsi Struct ini tidak jauh beda dengan fungsi Function, atau apakah memang ada perbedaan dari cara penggunaan keduanya?
    Selama ini saya hanya menggunakan Function dan saat mulai coba belajar tentang Struct, saya rasa cukup sama dengan Struct. Untuk itu mohon penjelasan detailnya perbedaan Struct dengan Function? Trims

    ReplyDelete