Saturday 7 November 2015

Operasi Input Output pada Pemrograman C++

Seperti janji saya di postingan sebelumnya, variabel dan konstanta, hari ini kita akan mulai belajar tentang operasi input dan output dalam program C++. 

Pernyataan cout (dibaca C out) merupakan sebuah objek di dalam C++ yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar output (cetak pada layar). Sedangkan untuk menginputkan data, dapat digunakan cin (dibaca C in). Dengan menggunakan cin, nilai variabel menjadi dinamis karena bisa berubah ketika program di run sesuai dengan nilai inputan dari user. 

Berikutnya adalah operator << Operator ini digunakan sebagai penghubung antara stream dengan kalimat. Operator ini disesuaikan dengan fungsional dari cout. 

Sintaks yang digunakan :
cout<
cin>>daftar_masukan;

 Contoh pengaplikasian di dalam program menghitung luas segitiga:


Berikut hasil Outputnya :









Silakan dicoba sendiri, bisa menggunakan Falcon C++ atau Borland C++, jika menggunakan Borland C++ hapus dahulu “using namespace std;”.

Selain menggunakan cin, untuk inputan kita juga bisa menggunakan gets() jika data yang disimpan mengandung karakter string seperti spasi karena cin tidak bisa membaca spasi. gets() membaca seluruh karakter yang dimasukkan dari keyboard (termasuk spasi). Namun jangan lupa untuk mencantumkan file header stdio.h karena statement gets ada di dalam file header tersebut.
 
Contoh pemakaian gets(); 




 









Berikut Outputnya :










Mudah bukan? Silakan dicoba dan selamat mengetik. Biasakan mengetik karena dengan mengetik akan lebih melatih kita dibandingkan hanya dengan copy paste. Untuk komentar tidak diketik tidak apa-apa karena tidak akan dieksekusi oleh compiler. Komentar disini hanya untuk memberikan ketereangan pada tiap baris. Ok, pada kesempatan kali ini cukup sampai disini dulu kita sambung pada kesempatan berikutnya untuk membahas tentang percabangan/selection.




0 comments:

Post a Comment